Tuesday, July 4, 2017

Inspirasi Usaha Pembuatan Boneka dari Sampah Botol Plastik

Inspirasi Usaha Pembuatan Boneka dari Sampah Botol Plastik

Terlebih dulu saya telah miliki inspirasi usaha yang saya menginginkan mewujudkan di PKMK th. 2015 ini. Usaha Boneka Wisuda Dokter ini yaitu memakai sampah botol plastik untuk jadikan boneka. Pembuatan product ini belum juga seutuhnya ditangani dengan maksimum, baru beberapa cobalah serta iseng-iseng buat. Doakan progresnya lebih baik. :)

Oke, inspirasi usaha ini mungkin saja agak nyeleneh serta di pandang remeh oleh beberapa orang. Namun diliat saja bagaimana hasil produknya. Bagaimana? Tertarik buat baca? Let's cek it out!!

Diawali dari latar belakang inspirasi pembuatan product ini..


LATAR BELAKANG :
Dimasa modern ini, banyak minuman yang dikemas praktis memakai beragam jenis paket, satu diantaranya botol plastik. Pemakaian botol plastik dipilh karna bahan baku bisa diketemukan dengan gampang dan murah. Produksinya juga selalu bertambah hingga customer lebih gampang memperolehnya. Tetapi, hal semacam ini mengakibatkan sampah botol yang menumpuk. Menurut data, sampah botol plastik di Indonesia masih tetap tinggi. Data th. 2006, sampah plastik di Surabaya ada 960. 000 ton per th.. Sampah botol pada th. itu nyaris menjangkau 50%.

 Produksi serta mengkonsumsi air paket dari th. ke th. selalu bertambah. Th. 2011 product mengkonsumsi air paket menjangkau 17 milyar liter. Keadaan itu akan memerlukan botol plastik hingga 500. 000 ton per th.. Pada th. 2012, produksi dari asosiasi produsen air paket menjangkau 19 milyar liter. Dari banyak pemakaian botol itu tidak semuanya sampah terselesaikan dengan baik.

Berdasar pada data dari BPS th. 2004, dari keseluruhan timbunan sampah yang terbawa serta di buang di Tempat Pembuangan akhir (TPA) sejumlah sekitaran 41, 28%, di bakar 35, 59%, dikubur 7, 97%, di buang asal-asalan (ke sungai, saluran, jalan, dll) 14, 01% serta yang terolah (di kompos serta didaur lagi) cuma 1, 15%. Dari data yang dihidangkan, memerlukan jalan keluar untuk menangani sampah yg tidak terkelola. Alternatif pengelolaan yang bisa dikerjakan yaitu jadikan sampah botol plastik jadi bahan baku boneka.

RUMUSAN MASALAH :
1. Bagaimana menangani sampah botol plastik?
2. Bagaimana memakai sampah botol plastik?
3. Bagaiamana membuat boneka memiliki bahan basic botol plastik?

TUJUAN :
1. Memakai botol plastik jadi barang yang layak jual
2. Memakai botol plastik jadi bahan basic boneka
3. Hiasi botol plastik jadi boneka yang unik

LUARAN YANG DIHARAPKAN :
1. Mengaplikasikan sampah botol sisa untuk boneka jadi product mainan yang ekonomis serta ramah lingkungan.
2. Mendesain boneka hingga disukai anak-anak serta remaja
3. Jadikan boneka botol jadi satu diantara pilihan product boneka

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA :

A. Bentuk produk


B. Kelebihan Produk
1. Boneka memiliki bahan basic sampah botol plastik dengan design yang unik.
2. Boneka dengan rencana ramah lingkungan, design batik, serta ergonomis.
3. Orang-orang bisa ikut serta melindungi lingkungan.
4. Design boneka dengan bermacam pilihan.
5. Bisa dipakai jadi feature ikonik yang unik untuk penghias satu ruang

C. Kesempatan serta Segmentasi Pasar
Segmentasi pemasaran product ini untuk kelompok anak-anak dan remaja. Biasanya, industri boneka tunjukkan penambahan pasar yang cepat pada kelompok anak-anak. Selain itu, kelompok remaja tertarik pada barang unik.

No comments:

Post a Comment